News Ticker

Hati-Hati Inilah Dampak Buruk Jika Terlalu Sering Instal Ulang laptop

By fatur nugraha - Minggu, 18 Desember 2016 No Comments


Ketika kondisi laptop kita terkena virus sehingga mengakibatkan kinerjanya lambat atau bahkan tidak bisa dioperasikan tentunya hal tersebut menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan. Apalagi sekarang banyak orang merasakan kebutuhan laptop sebagai sebuah kebutuhan primer. Banyak aktivitas harian yang terfasilitasi dengan adanya teknologi ini, terlebih lagi bagi pelajar dan pekerja yang banyak menggunakan laptop sebagai tempat penyimpanan data.

Nah, ketika terjadi kondisi di atas instal ulang laptop biasanya menjadi sebuah solusi praktis yang banyak dipilih mayoritas pengguna laptop. Namun tahukah anda jika terlalu sering menginstal laptop juga menimbulkan dampak negatif bagi kinerja laptop anda. Berikut akan kami ulas berbagai dampak yang akan anda alami jika terlalu sering menginstal ulang laptop.

1.    Membuat Ketagihan

Ketika seseorang sudah merasakan dampak positif instal ulang laptop, terlebih lagi bisa melakukan instal ulang sendiri, biasanya mereka cenderung merasa ketagihan untuk menginstal ulang laptopnya. Permasalahan yang seharusnya bisa diatasi dengan cara lain justru di abaikan dan lebih memilih solusi praktis dengan menginstal ulang laptopnya. Entah itu dilakukan karena ingin praktek mandiri atau karena tidak sabar menelaah cara lain mengatasi permasalahan yang terjadi.

Jarak normal instal ulang laptop pada umumnya adalah dalam kurun waktu 3-6 bulan. Jadi cobalah anda ingat apakah anda termasuk dalam kategori orang yang sudah ketagihan instal ulang atau bukan? Jika anda merasa termasuk dalam kategori ini, maka mulai sekarang terapkan mindset untuk tidak mudah menginstal ulang laptop anda.

2.    Merusak hardware secara perlahan

Kekuatan kinerja hardisk juga memiliki keterbatasan. Nah, proses instalasi ini biasanya memaksa hardware untuk bekerja lebih keras. Oleh karena itu, terlalu sering menginstal ulang laptop dapat menurunkan kinerja hardware dan merusak hardware laptop anda secara perlahan. Jika hal ini terus berlanjut maka kemungkinan kerusakannya bisa semakin parah bahkan bisa jadi tidak tertolong dan anda pun harus mengganti laptop anda.

3.    Kinerja Batrei Laptop Semakin Menurun

Proses instalasi ulang memerlukan waktu yang cukup lama. Banyak orang memilih untuk melepas batrei laptopnya dan hanya menggunakan charger laptop saja. Padahal hal tersebut sangat tidak di anjurkan.

Mencopot batrei laptop dapat menyebabkan tegangan listrik langsung ke laptop sedangkan tegangan listrik itu tidak stabil. Hal inilah yang berbahaya bagi kondisi laptop anda. Namun, disisi lain Memasang batrei bersamaan dengan menggunakan charger juga bisa menyebabkan kinerja batrei laptop semakin menurun dan batrei pun akan cepat soak.

4.    Beresiko Kehilangan Data

Dalam kondisi tertentu terkadang kita tidak sempat untuk memback-up data-data penting kita di laptop. Instal  ulang laptop normalnya meski tidak seluruh data hilang, namun instal ulang  dapat menghapus data biasanya di folder C yang menyimpan berbagai aplikasi instalasi kita dan jika itu sudah terjadi maka data kita tidak bisa kembali lagi. Instal ulang yang berlebihan juga dapat merusak hardisk laptop yang berimbas pada kerusakan hardisk dan hardisk pun  tidak mampu membaca semua data kita.

5.    Menghabiskan Uang

Jika anda termasuk kategori seseorang yang mudah menginstal ulang laptop apalagi menggunakan jasa servican. Maka bayangkanlah berapa banyak biaya yang harus anda keluarkan untuk instal ulang laptop anda secara keseluruhan. Tentunya jumlahnya cukup untuk dibuat memenuhi kebutuhan yang lain bukan?


Nah itu tadi adalah beberapa dampak yang kwmungkinan anda alami ketika menginstal ulang laptop anda secara berlebihan. Jadi jangan mudah instal ulang dan berpikir ulanglah ketika hendak instal ulang laptop anda. Semoga informasi ini memberi manfaat bagi anda.

Tags:

No Comment to " Hati-Hati Inilah Dampak Buruk Jika Terlalu Sering Instal Ulang laptop "