News Ticker

Tips Jitu Mengatasi Lag Pada Android Saat Memainkan Game

By fatur nugraha - Minggu, 18 Desember 2016 No Comments


Selain untuk kepentingan produktivitas, seringkali Android digunakan untuk bersenang-senang atau sarana hiburan. Salah satu contohnya adalah menggunakannya untuk bermain game, dengan cara menginstall berbagai macam game Android, baik yang disediakan gratis maupun berbayar yang ada di Play Store.
Mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia game tak akan asing dengan istilah “Lag” atau macet, patah-patah ketika game sedang berjalan sehingga mempengaruhi capaian gameplay yang akan dimainkan. Biasanya hal ini terjadi pada android kelas bawah yang berspesifikasi minim.
Lantas, adakah cara untuk mengatasi hal tersebut? Jawabannya adalah ada. Berikut lengkap informasinya.

Tips Mengatasi Lag Pada Android Saat Main Game

1.    Menambah Aplikasi tambahan

Aplikasi tambahan di sini yang dimaksud adalah aplikasi optimizer. Aplikasi ini akan menyeimbangkan penggunaan RAM dan menyediakan ruang memori yang cukup agar tidak terjadi Lag ketika anda bermain game di Android yang anda miliki. Aplikasi pendukung atau tambahan yang dimaksud antara lain seperti Seeder, GameBooster 2, GL Tools, dan aplikasi pendukung lainnya.

Jika anda menggunakan aplikasi pendukung ini, anda tidak perlu repot-repot melakukan rooting pada Android anda, karena langkahnya sangat mudah. Langkah yang diperlukan untuk mengurangi Lag pada saat anda bermain game dengan GameBooster tinggal menambahkan saja aplikasi game ke dalam folder Booster. Untuk menjalankannya, buka folder Booster, kemudian pilih Game yang akan anda mainkan, maka Android anda akan dioptimalisasikan secara otomatis agar terhindar dari Lag ketika bermain game.

2.    Mengurangi Junk File

Jika anda menggunakan Clean Master, maka anda setiap waktu tertentu akan diingatkan untuk membersihkan Junk File atau file sampah. File sampah yang dimaksud di sini biasanya terdiri dari cache file yang tidak diperlukan lagi, data sementara yang dibuat oleh suatu program ketika dijalankan, dan juga bisa jadi riwayat browser yang sudah mulai penuh.

3.    Downgrade

Downgrade adalah istilah untuk menggambarkan penggantian sistem operasi yang terpasang pada Android dengan sistem operasi Android lainnya yang lebih ringan atau versi sebelumya. Misal kini anda menggunakan Android Marshmallow, jika anda downgrade, maka seharusnya anda menggunakan OS yang mendahului Marshmallow seperti Lolipop, Kitkat, dan seterusnya.

Downgrade ini akan mempengaruhi lag tidaknya ketika anda bermain game karena terkadang penggunaan OS baru biasanya tidak didukung dengan kemampuan Hardware yang mumpuni, sehingga menyebabkan lag.

4.    Menggunakan Game Booster 2 atau 3 edisi Root

Caranya cukup sederhana, yang membakan hanyalah pada ulasan ini, ponsel Android anda harus dalam keadaan sudah di root. Pada edisi root, terdapat beberapa mode dalam menjalankan game agar terhindar dari Lag, seperti ULTRA Gaming, Hard Gaming, dan seterusnya. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1     Download dan buka Aplikasi GameBooster edisi Root
2     Pilih Grant jika Android mengonfirmasi anda untuk pemberian akses root pada GameBooster
3     Pilih Gaming mode level yang sesuai dengan kebutuhan anda, untuk game yang sangat berat, disarankan menggunakan mode ULTRA Gaming.
4     Apabila masih ditemukan Lag pada mode ULTRA Gaming, anda bisa gunakan tweak, aktifkan semua tweak yang tersedia.

Maka Android akan menjalankan game dengan baik tanpa lag, karena tweak dan mode telah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi optimal performanya untuk digunakan bermain game.


Sekian tips ampuh mengatasi Lag pada Game Android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags:

No Comment to " Tips Jitu Mengatasi Lag Pada Android Saat Memainkan Game "