News Ticker

Stress si Pembuat Gemuk

By fatur nugraha - Sabtu, 05 November 2016 No Comments


Banyaknya aktivitas setiap hari dapat memicu stres. Tanpa pilih kasih, stres pun bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Sedikit demi sedikit stres akan merangsang munculnnya lemak yang tidak diinginkan pada tubuh. Kondisi ini akan semakin parah apabila kita lari kepada makanan setiap kali mengalami stres. Pada tingkat akut penimbunan lemak tetap akan terjadi meskipun sudah mengikuti pola hidup sehat dan olah raga teratur.

Lantas bagaimana stres memicu penimbunan lemak tubuh?

1.Salah kenali rasa lapar
Pada saat mengalami stres, otak merespon seakan terjadi bahaya sehingga memicu pelepasan hormon yang tinggi. Adrenalin pun mengalir bersamaan dengan pelepasan hormon kortisol dengan kadar tinggi. Imbasnya  otak akan salah mengenali perasaan lapar, karena alian kortisol mengatakan bahwa tubuh butuh pergantian energi meskipun kita sebenarnya sedang tidak sedang membakar kalori.
2. Cenderung makan manis-manis
Dilansir dari Kompas.com bahwa menurut Elissa Epel, PhD, seorang periset asal University of California mengatakan," Kita cakan cenderung makan yang manis-manis, asin dan lemak tinggi, karena hal ini menstimulasi otak untuk mengeluarkan zat kimia yang meredakan tekanan,". Efek menenangkan ini sifatnya adiktif. Jadi jangan heran bila mulut kita terasa gatal dan makan makanan berlemak tiap kali kita stres.
3. Kekacauan hormon dalam tubuh.
Stres pada level akut menimbulkan kekacauan hormon dalam tubuh. Metabolisme pun menjadi tidak seimbang. Selain adrenalin dan korsitol, produksi insulin juga meningkat. Utamanya akibat makanan berkalori dan berlemak tinggi yang dikonsumsi. Hal ini mengukuhkan tingkat resiko penyakit jantung dan diabetes.

4. Penimbunan lemak di perut
Tingginya hormon kortisol yang dilepaskan dikala stres sangat berbahaya bagi tubuh. Hormon ini medorong tubuh untuk mendeposit lemak, khususnya lemak viseral yang sangat berbahaya,karena mengellilingi organ-organ vital, terutama area perut dan sekitarnya.

Nah, untuk menghidari bahaya stres pada tubuh, mulailah mengendalikan stres. Tidur cukup, olahraga teratur serta nutrisi yang tepat dapat membantu mengurangi stres. Ingat bahaya stres.




No Comment to " Stress si Pembuat Gemuk "