News Ticker

Tips Cerdas Mengamankan Smartphone Fingerprint

By fatur nugraha - Sabtu, 03 Desember 2016 No Comments

Fitur fingerprint adalah fitur unggulan terbaru pada smartphone yang kini sudah banyak digunakan, khususnya tersemat pada smartpone premium. Fitur yang memanfaatkan sidik jari  untuk dapat mengakses atau membuka smartphone ini memang terbukti cukup efektif dalam melindungi data-data pribadi di dalam smartphone.
Selain aman dan penggunaannya mudah, fitur fingerprint juga bisa menambah nilai kemewahan dari suatu smartphone. Namun kendati demikian, secanggih apapun fitur fingerprint ini, tentunya masih ada celah kelemahannya. Oleh sebab itu, perlu menerapkan beberapa tips atau trik dalam menggunakannya agar tidak bisa di bobol.
Tips mengamankan smartphone dengan fitur fingerprint
1. Gunakan tangan sebelahnya
Maksudnya, jika anda terbiasa memegang smartphone dengan tangan kanan, maka scan fingerprint di lakukan dengan jari tangan kiri. Namun jika anda kidal, scan fingerprint menggunakan jari tangan kanan Anda.
Hal ini dilakukan untuk menghindari orang – orang yang mencoba memalsukan data fingerprint di smartphone anda. Dengan menggunakan tangan lain yang bukan biasanya, maka data scan sidik jari anda akan lebih sulit ditebak.
2. Jangan gunakan jari telunjuk dan jempol
Hampir seluruh pengguna smartphone menggunakan jari telunjuk dan jempolnya untuk mengoperasikan smartphone. Hal ini lah yang dilihat hacker sebagai kelemahan dan celah untuk membobol sistem keamanan canggih ini.
Melihat fenomena tersebut, ada baiknya anda menghindari penggunaan jari jempol atau telunjuk saat menscan fingerprint. Gunakan jari yang jarang digunakan untuk menyentuh layar smartphone seperti jari manis atau jari kelingking.
3. Lapisi dengan password atau kata sandi
Meskipun fingerprint merupakan teknologi keamanan terbaru nan canggih, namun bukan berarti teknologi ini tidak memiliki celah. Anda juga tidak bisa bergantung pada fingerprint saja untuk mengamankan data.
Aktifkan penggunaan password untuk melapisi keamanan fingerprint anda. Agak merepotkan memang, namun hal ini sangat efektif untuk menghindarkan anda dari para hacker yang mencoba mencuri data pribadi dalam smartphone.
4. Berganti – ganti jari
Seperti yang telah kami sebutkan di atas, gunakan tangan dan jari yang tidak biasa digunakan untuk mengoperasikan smartphone. Namun mungkin itu saja belum cukup. Karena sekarang hacker semakin pintar mengenali sidik jari anda dan membuat replikanya.
Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengganti – ganti scan sidik jari yang digunakan fingerprint setiap jangka waktu tertentu. Seperti contohnya minggu pertama anda menggunakan sidik jari tengah untuk fingerprint, maka minggu kedua gantilah scan fingerprint tersebut dengan menggunakan jari kelingking.
5. Pastikan jari kering ketika scan ke fingerprint
Saat hendak membuka smartphone dengan fingerprint, maka pastikan dulu jari anda benar – benar kering sebelum melakukan scan. Jika jari anda sedikit saja terdapat air, kemungkinan besar fingerprint tidak bisa mengenali sidik jari anda dan akibatnya smartphone tidak bisa dibuka.
6. Jangan gunakan fingerprint untuk aplikasi keuangan
Meskipun dianggap fitur keamanan tercanggih saat ini, namun fingerprint sangat tidak disarankan untuk mengamankan segala aplikasi dan keuangan di dalam smartphone.
Hal ini untuk menghindari resiko jika sewaktu – waktu smartphone anda hilang dan berpindah tangan pada orang yang tidak bertanggung jawab. Scan sidik jari yang tertinggal pada layar smartphone anda bisa dengan mudah dibuat salinannya dan digunakan untuk membobol aplikasi keuangan seperti Internet banking, Google PayPal, dan lain – lain.
Untuk mengamankan aplikasi – aplikasi keuangan anda bisa mengandalkan kombinasi password seperti biasanya.

Demikian beberapa tips mengamankan smartphone dengan fingerprint yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Tags:

No Comment to " Tips Cerdas Mengamankan Smartphone Fingerprint "