News Ticker

Cara Cepat dan Ampuh Menurunkan Panas Pada Anak

By Fatur - Sabtu, 03 Desember 2016 No Comments



Sebagai orang tua, tentu Anda merasa resah bahkan mungkin panik apabila menghadapi situasi di mana anak Anda mengalami demam. Padahal, kenaikan suhu tubuh pada anak Anda adalah kondisi yang normal atau wajar, dan sebagai tanda bahwa sistem imunitas dalam tubuhnya sedang bekerja melawan bakteri, virus, jamur, atau materi jahat lainnya.

Walau begitu, sebagai orang tua tentu saja tetap panik akan kejadian tersebut. Nah, untuk itu, di bawah ini kami akan bagikan beberapa cara dalam menurunkan panas pada anak anda, dengan cepat dan tentunya aman, agar para bunda sekalian tidak panik lagi.


Cara Menurunkan Panas Pada Anak


1.    Memberikan Kompres dengan Air Hangat

Ingatkah dulu sewaktu kecil, saat panas orang tua kita mengompres kening kita dengan dengan air dingin? Nah, ternyata, cara tersebut bisa di bilang sama sekali tidak efektif. Kompres dingin justru mengakibatkan badan anak menggigil dan pembuluh darahnya mengecil sehingga suhu tubuh justru makin naik.

Cara yang tepat dan cepat menurunkan panas anak Anda adalah dengan memakai kompres dengan air hangat, karena tubuhnya akan dirangsang untuk mengeluarkan keringat sehingga secara alami melalui proses penguapan, suhu tubuhnya akan menurun dan panasnya berkurang. Suhu air untuk mengompres yang paling tepat adalah sekitar 38 derajar celcius.

Selain itu, Anda juga harus memahami bahwa mengompres dahi bukanlah cara yang efektif menurunkan panas. Kompreslah anak Anda di bagian ketiak dan lipatan paha, karena bagian tersebut dilewati oleh pembuluh darah besar yang memberi sinyal kepada pusat pengatur suhu yang ada di otak, sehingga panas anak Anda dapat turun dengan cepat.

2.    Memberikan Makanan dan Minuman yang Tepat

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menurunkan panas dengan cepat. Anda bisa mencoba cara ini meskipun ketika demam, mungkin selera makan anak Anda sedikit berkurang.

Makanan yang paling popular untuk menurunkan panas adalah sup kaldu hangat, khususnya sup kaldu ayam. Kandungan protein di dalamnya dapat membantu pembangunan antibodi yang efektif untuk menurunkan panas. Selain itu, berikanlah makanan yang mengandung banyak vitamin C, seperti buah nanas yang mengandung zat anti radang alami dan berguna untuk menurunkan panas. Atau, berikan tablet vitamin C yang dosisnya sesuai untuk anak Anda.

Sementara itu, memberikan cairan yang cukup juga penting dalam menurunkan panas dan menghindari dehidrasi. Yang paling baik tentu memastikan anak Anda mengkonsumsi air putih dengan cukup. Sebagai alternatif, Anda juga dapat memberikan teh lemon madu untuk anak Anda, karena ketiganya mengandung zat anti oksidan alami yang tinggi dan efektif dalam memerangi demam.

3.    Memberikan Obat Penurun Panas dengan Kandungan yang Tepat

Ketika Anda sudah mencoba berbagai cara namun panas anak Anda tidak juga turun sementara si kecil semakin tidak nyaman, memberikan obat penurun panas bisa menjadi pilihan. Namun, pastikan bahwa obat yang Anda berikan memiliki kandungan yang tepat dan dosisnya sesuai.

Beberapa obat penurun panas yang ekeftif menurunkan demam dengan cepat adalah acetaminophen, ibuprofen, dan aspirin. Ketiganya ampuh meredakan nyeri yang menyerang seiring terjadinya demam dan menyebabkan tubuh anak Anda tidak nyaman. Khusus bagi anak di bawah usia 12 tahun, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk memastikan dosisnya.

Demikian di atas adalah beberapa cara cepat menurunkan panas anak yang dapat Anda coba. Dan jangan lupa, di saat anak Anda demam, sangat penting memastikan bahwa ia beristirahat dengan cukup agar tubuhnya dapat melawan virus dan bakteri yang menyerang dengan efektif.


No Comment to " Cara Cepat dan Ampuh Menurunkan Panas Pada Anak "