News Ticker

Dengan Baterai ini Smartphonemu Bisa Hidup 20 Tahun

By Fatur - Selasa, 29 November 2016 No Comments



Kini pemanfaatan Nuklir mulai merambah ke segmen ponsel pintar (smartphone). Dua orang peneliti asal Universitas Missouri, Bae Kim dan Jae Kwon telah berhasil mengembangkan sebuah baterai super yang mampu bertahan hingga puluhan tahun atau bahkan lebih tanpa kehabisan daya. Rahasianya ada pada pemakaian proses reaksi kimia bernama 'betavoltaic'.

Baterai yang dikembangkan Bae Kim dan Jae Kwon ini juga menggunakan isotop radioaktif strontium-90 yang dapat meningkatkan enegi elektrokimia dalam larutan berbahan dasar air. Dilarutan itu ditempatkan elektroda titanium dioksida yang memiliki struktur nano yang umumnya terdapat dalam krim tabir surya dan penangkal ultraviolet.

Penggunaan zat radioaktif strotium-90 memiliki beberapa keunggulan seperti tidak menghasilkan radiasi gama yang terkenal sangat berbahaya. Keunggulan lain dari baterai betavoltaic ini adalah ukurannya yang ramping dengan ketebalan beberapa milimeter saja karena desainnya yang masih mengusung konsep baterai sel surya biasa yang menggunakan proses elektrik 'photovoltaic' sehingga dapat lebih disesuaikan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Inovasi dengan menambahkan air pada baterai nuklir pun dapat meningkatkan masa pakai karena air mampu menyerap sebagian besar radiasi beta.

Sayangnya penggunaan baterai nuklir tersebut masih terbatas pada lingkungan militer serta badan antariksa dunia. Hal ini disebabkan baterai jenis ini masih dapat mengeluarkan radiasi yang dapat menimbulkan kanker sehingga untuk pemakian pada smartphone memerlukan penelitian lebih lanjut.

Namun bagi anda yang berminat dengan baterai nuklir ini, anda bisa mengujungi Taobao.com. Di marketplace asal china ini dijual baterai nuklir yang diklaim mampu bertahan selama 20 tahun tanpa pengisian dengan harga 6.980 yuan (USD $1.120).

Selain itu, penjual lain yang juga menjual baterai nuklir mengaku baterai yang dijualnya didukung oleh teknologi bom atom yang stabil dan mampu bertahan selama ribuan tahun. Cukup dengan 12.000 yuan (USD $ 1.928) "baterai nuklir" sudah dapat dibawa pulang.



Tags:

No Comment to " Dengan Baterai ini Smartphonemu Bisa Hidup 20 Tahun "