News Ticker

Yuk Kenalan dengan Anak Bangsa Si Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia

By fatur nugraha - Rabu, 30 November 2016 No Comments




Perkembangan dunia 'Drone' (pesawat tanpa awak) saat ini semakin populer di kalangan masyarakat. Jamak, kita ketahui kebanyakan drone memiliki baling-baling layaknya helikopter untuk terbang. Nah uniknya seorang Remaja berusia 18 tahun berhasil mengembangkan drone yang dapat terbang tanpa baling-baling.



Muhammad Rizky Fauzan namanya. Remaja lulusan SMK 26 Jakarta ini telah menemukan teknologi drone tanpa baling-baling yang pertama di dunia. Berawal dari hobi mengotak-atik barang Elektronik, remaja yang akrab disapa Fauzan ini memulai proyeknya setelah melihat kecelakaan drone.



Kelemahan drone pada baling-baling yang sering rusak akibat kecerobohan kecil seperti menabrak tembok berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal. Hal ini kemudian memberi ide Fauzan untuk membuat sebuah Drone dengan menghilangkan fungsi bali-baling dengan tujuan meminimalisir bahaya tersebut.



Bladelesss Drone atau F-Copter merupakan prototipe drone pertama yang mampu terbang tanpa menggunakan baling-baling. Hasil karya Fauzan ini terinspirasi dari konsep "Dyson Air Multiplier". Konsep ini memungkinkan udara dapat tersedot tanpa perlu bantuan baling-baling. Selain baling-baling, Fauzan juga turut menghilangkan beberapa komponen lain seperti ESC, motor driver dan motor DC sehingga bisa menghemat bakar dan lebih ringan.



Untuk dapat melayang di udara drone miliknya tersebut menggunakan teknik air pressure untuk memancing udara di drone agar mengalir ke bawah melalui frame yang didesain oleh Fauzan sedemikian rupa. Sedangkan untuk menghasilkan tekanan udara ia menggunakan pneumatic speed dan pneumatic turbin sebagai kompresor mini yang diletakkan di dalam drone.



Cara kerja drone ini adalah dengan mengambil udara dari bawah melalui tabung. Kemudian dialirkan ke empat lubang yang berfungsi menerbangkan drone. Hal ini sebagaimana hukum fisika bernoulli, dimana peningkatan kecepatan pada suatu aliran zat cair atau gas akan mengakibatkan penurunan tekanan pada zat cair atau gas tersebut. Hukum inilah yang diterapkan Fauzan pada drone buatannya.



Dalam pengerjaan drone tersebut, anak kedua dari empat bersaudara ini telah menghabiskan biaya sekitar 5 juta dan waktu yang tentunya tidak sedikit. Sampai saat ini drone tersebut belum dapat terbang karena belum dalam tahap final. Meski begitu sudah dilakukan ujicoba pada tahap sofware dan kini sedang mengurus hak patennya.




No Comment to " Yuk Kenalan dengan Anak Bangsa Si Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia "